Kamis, 02 Agustus 2012

Cara menghilangkan "Windows 7 build 7600 This copy of Windows is not genuine"


Beberapa hari yang lalu Laptop saya layarnya hitam dan ada tulisan di kanan bawah seperti ini:
Windows 7 build 7600
This copy of Windows is not genuine

Setiap kali saya membuka laptop, selalu muncul kotak dialog yang bunyinya activate windows now atau ask me later. Memang kita bisa menekan tombol ask me later dan masih bisa menjalankan aktifitas di laptop seperti biasanya atau membuka program-programnya. Tapi yang tidak mengenakkan adalah jika kita terkoneksi ke internet, banyak fitur yang diblock oleh Microsoft. Browsing pun tidak menyenangkan.


Sebetulnya tulisan this copy of windows is not genuine itu menandakan kalau masa aktif Windows 7 yang terinstal di laptop saya sudah habis dan harus diupdate dengan membeli software premium Windows yang asli.
Ketika hal ini terjadi saya coba memecahkan masalah ini dengan browsing(cari-cari info). Dan beruntunglah saya menemukan sebuah artikel yang bisa membantu untuk menghilangkan tulisan This copy of Windows is not genuine.

Caranya seperti ini:
Buka Disk (C) lalu tekan Windows, lalu di kotak Search sebelah kanan atas ketik cmd.exe . Sesaat Windows akan menampilkannya. Pilih yang ada tulisan:
cmd
C:\Windows\System32

lalu klik kanan dan pilih Run as Administrator. Setelah itu ketik perintah sebagai berikut:
slmgr.vbs -rearm

Jadi tulisannya akan menjadi seperti ini:
C:/Windows/system32>slmgr.vbs -rearm

Setelah menulis perintah seperti itu komputer akan meminta restart. Saya pun merestart komputer seperti permintaan. Tapi sebelumnya saya tutup dulu semua program.
Setelah restart, saya melihat tulisan Windows 7 build 7600 This copy of Windows is not genuine sudah hilang(loncat2 kegirangan). ^_^  Namun layar laptop masih hitam dan masih muncul kotak dialog permintaan yang meminta saya untuk mengupgrade Windows menjadi genuine. Saya tekan saja ask me later, dan setelah itu saya matikan laptop.
Beberapa saat kemudian saya hidupkan kembali dan ternyata tidak ada lagi kotak dialog permintaan dari Windows. Berarti masalah sudah beres dan saya bisa mengganti theme pada komputer saya.
Jika anda mengalami hal seperti saya, anda bisa melakukan cara-cara seperti di atas. Dan lebih baik anda menonaktifkan Windows Update agar jika sewaktu-waktu terkoneksi ke internet, Windows yang anda gunakan tidak terdeteksi oleh Microsoft. (terimakasih ke http://kukuhsilautama.wordpress.com).

semoga postingan ini bermanfaat ^_^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar